Paspor merupakan dokumen penting yang harus kamu bawa ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor adalah identitas kamu selama kamu di luar negeri, bisa dikatakan, inilah pengganti KTP kamu. Di Indonesia sendiri tedapat dua jenis paspor yang berdasarkan jumlah halamannya, ada yang berisi 24 halaman dan ada juga yang 48 halaman. Namun keduanya mempunyai masa berlaku yang sama.

Di era internet seperti sekarang ini, sudah banyak kemajuan dalam hal pengurusan paspor, salah satunya dengan mengajukan pengurusan paspor secara online. Beberapa kemajuan dalam proses perpanjangan paspor diantaranya sebagai berikut:

  1. Adanya sistem one day service, yaitu memperpanjang paspor dapat selesai dalam waktu 1 hari.
  2. Memperpanjang paspor dapat dilakukan di kantor imigrasi manapun meskipun tidak berdomisili di lokasi yang sama dengan domisili kantor imigrasi.
  3. Dapat mendaftar secara online untuk menghindari calo, sehingga dapat menentukan sendiri kapan ingin datang untuk wawancara dan foto.

Nah, sekarang hal-hal berikut yang wajib kamu perhatikan untuk memperpanjang paspor kamu.

  • Paspor hanya dapat diperpanjang jika sudah masuk masa kurang dari 6 bulan sebelum masa berlaku habis, kecuali jika ingin berganti dari paspor biasa ke e-paspor.
  • Siapkan biaya penggantian paspor baru, untuk e-paspor sebesar Rp655.000,- sementara untuk paspor biasa Rp. 355.000,-
  • Berkas yang diperlukan untuk mendapatkan paspor baru: Akta kelahiran asli plus fotokopi, Kartu Keluarga asli plus fotokopi, KTP asli dan fotokopi, Paspor lama asli dan fotokopi bagian halaman paling depan & belakang, Pulpen hitam.

Semua fotokopi tersebut harus di kertas ukuran A4, dan jangan sampai dipotong. Akta lahir dapat diganti dengan ijazah SD/SMP/SMA. Perlu diingat bahwa ijazah kuliah tidak dapat digunakan karena tidak ada nama orang tua.

a. Pendaftaran online

Pendaftaran secara online dapat dilakukan di website imigrasi http://www.imigrasi.go.id/. Setelah situs imigrasi terbuka, pilihlah menu Layanan Publik-Layanan Online-Layanan Paspor Online. Kemudian pilihlah tabel Pra Pemohonan Personal untuk memilih jenis permohonan yang diperlukan, apakah pembuatan paspor baru, penggantian habis berlaku atau halaman penuh atau perubahan data dalam paspor. Isi juga nomor paspor lama, jenis paspor (24 atau 48 halaman), serta kantor imigrasi terdekat. Tidak ada perbedaan antara paspor 24 dan 48 halaman. Yang membedakan hanya harganya (Rp 155.000 untuk paspor 24 halaman, dan Rp 355.000 untuk paspor 48 halaman).

b. Mengisi Form Pembayaran

Langkah selanjutnya adalah mengisi form pembayaran. Kantor imigrasi pusat akan mengirim email yang berisi surat pengantar untuk melakukan pembayaran. Surat tersebut harus dicetak terlebih dahulu untuk ditunjukkan ke teller bank BNI 46. Maka sebaiknya setelah selesai mendaftar secara online, segera pergi ke kantor cabang bank BNI 46 untuk melakukan pembayaran. Harga yang harus dibayar sudah tertera di surat tersebut, ditambah dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000. Bukti pembayaran yang diterima dari bank harus dibawa ke kantor imigrasi.

c. Mengisi Halaman Permohonan Jadwal Wawancara

Selesai melakukan pembayaran di bank, buka kembali email yang diterima dari pihak kantor imigrasi. Klik link yang tertera di badan email tersebut. Link tersebut mengarahkan ke halaman permohonan jadwal wawancara. Tentukanlah hari dan tanggal untuk datang ke kantor imigrasi.

d. Cetak Formulir

Setelah menentukan tanggal dan hari, serta menyimpan data, kantor imigrasi akan mengirim email yang berisi tanda terima permohonan pembuatan paspor. Di tanda terima tersebut akan tertera tanggal dan waktu untuk datang ke kantor imigrasi. Silakan download dan cetak tanda terima tersebut lalu isi data-data yang diperlukan.

e. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Sebelum datang ke kantor imigrasi siapkan dokumen yang diperlukan, seperti: Akte Kelahiran, Ijazah terakhir, Kartu Keluarga, KTP, Surat Nikah (bagi yang sudah nikah) dan Paspor lama. Fotokopi semua dokumen tersebut, serta bawalah bukti pembayaran yang diterima dari bank.

f. Datang Ke Kantor Imigrasi Sepagi Mungkin

Datanglah ke kantor imigrasi sesuai hari dan tanggal yang sudah dipilih untuk melakukan wawancara dan foto. Meskipun sesi wawancara dan foto dimulai pukul 08.00 WIB, banyak pengunjung yang sudah mengantri sejak pukul 07.00 WIB. Antrian untuk pendaftar online akan dibedakan dengan antrian pengunjung yang datang langsung. Namun sebaiknya datanglah ke kantor imigrasi sepagi mungkin dan ambil nomor antrian. Masukkan semua fotokopi dokumen pribadi dan paspor lama ke dalam map yang disediakan. Anda akan dipanggil sesuai nomor antrian dan paspor baru dapat diambil dalam 3 hari kerja.

*Sumber : https://www.cermati.com/artikel/cara-mengurus-perpanjangan-paspor-manual-atau-online

Written by kadekpermadi

Vi Veri Veniversum Vivus Vici

Leave a Reply