Jika Anda seorang mahasiswa dan sudah ingin mengahasilkan pendapatan sendiri untuk traveling atau hanya sekedar ingin membantu orang tua. Kami memiliki beberapa ide pekerjaan atau cara menghasilkan uang tanpa harus mengganggu waktu kuliah Anda.

1. Driver Angkutan Online

Menjadi driver angkutan online merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang tanpa harus mengganggu waktu kuliah Anda. Entah menjadi driver ojek atau driver mobil, money is money, tinggal Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda sering ke kampus menggunakan motor, jadilah driver ojek online, jika Anda sering ke kampus menggunakan mobil, jadilah driver taksi online. Anda juga bisa mengatur tujuan Anda kemana Anda ingin berpergian / membawa penumpang. Dan mungkin, Anda juga bisa mendapatkan jodoh. Hehe.

2. Jualan Online / Dropshiper

Sekarang ada banyak sekali tempat jual beli online, tinggal Anda memilihnya dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Beda tempat jual beli, beda juga peraturan dan cara berjualannya. Anda juga bisa memiliki toko online tanpa harus memiliki barangnya terlebih dahulu dengan sistem dropshiper. Tetapi, Anda harus hati-hati dalam memilih supplier. Keuntungan menggunakan sistem dropshiper adalah Anda hanya mengatur marketingnya saja dan mencari pembeli, sisanya adalah urusan supplier. Easy, gak ribet, dan gak ganggu kuliah Anda.

3. Jual Foto Secara Online

Nah, buat kamu para mahasiswa yang memiliki skill dan hobi fotografi bisa dicoba cara berikut. Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca artikel khusus cara berjualan foto secara online disini!

4. Jadi Penjual Pulsa / Kuota

Pulsa dan kuota sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Dari anak kecil sampe orang tua semuanya ketagihan gadget smartphone, entah untuk nonton video di youtube, streaming musik, masalah pekerjaan, sampe adu mulut di jejaring sosial. Mereka semua butuh kuota! Ini dia kesempatan emas yang tidak boleh Anda lewatkan. Jualah pulsa dan kuota untuk orang-orang disekitar kampus Anda, seperti teman-teman kelas atau organisasi, dosen sampe pedangang kantin. Relasi sangat dibutuhkan disini, tetapi Anda juga harus ingat, jangan sesekali menerima utang dalam bisnis ini, karena untung yang sedikit dan perputaran uang yang juga harus cepat.

5. Menjadi Crew Suatu Event

Untuk ini Anda harus rajin searching-searching lowongan untuk menjadi crew event. Carilah event yang jadwalnya tidak menganggu kuliah Anda, atau di hari yang memiliki mata kuliah yang bisa titip absen. Walau bekerja hanya beberapa hari, Anda dapat menghasilkan uang yang lumayan. Menjadi seorang crew event kadang memiliki jam kerja dari siang hingga subuh. Disisi lain, Anda juga bisa menambah relasi antar crew, semakin banyak relasi maka kesempatan pekerjaan di masa depan akan semakin luas.

6. Mengikuti Kontes Lomba / Quiz

Ada banyak sekali kontes lomba atau quiz diluar sana. Ada bisa mengikuti lomba design logo perusahaan di internet, lomba foto, lomba nyanyi, sampe mengikuti quiz di media sosial. Iseng-iseng behadiah ini bisa menjadi pengahasilan yang bisa dibilang lumayan. Selain itu, Anda juga dapat mengasah kemampuan Anda dan mengukur sudah sampai mana skill Anda diluar sana.

Written by kadekpermadi

Vi Veri Veniversum Vivus Vici

Leave a Reply