Jika kamu ingin mengenal lebih jauh sejarah kerajaan atau keraton Yogyakarta, maka kamu harus mengunjungi Museum Ullen Sentalu. Ullen Sentalu berada di kaki Gunung Merapi, tepatnya di daerah Pakem, Kaliurang. Lokasinya memang agak tertutup oleh lebatnya pepohonan yang membuat Museum Ullen Sentalu sangat susah untuk ditemukan.

Kata Ullen Sentalu merupakan singkatan dari “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku.” yang memiliki arti “Nyala lampu blencong” yang merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan. Blencong sendiri adalah lampu minyak yang biasa dipergunakan dalam pertunjukan wayang kulit. Cahaya dari lampu minyak ini diumpamakan sebagai cahaya yang selalu menerangi perjalanan hidup kita, dan mengarahkan kita dalam kehidupan ini.

Di dalam gedung yang bergaya klasik eropa ini menampilkan banyak koleksi kerajaan keraton Yogyakarta terdahulu, mulai dari pakaian adat seperti batik, senjata seperti keris, lukisan bersejarah keraton, serta alat-alat untuk melakukan ritual di dalam keraton Yogyakarta.

Saat memasuki area museum kita harus ditemani oleh seorang tour guide / pemandu wisata kita di dalam museum. Nah, tour guide inilah yang menjelaskan ke kita cerita sejarah barang-barang yang ada dalam Museum. Biaya tour guide sudah termasuk harga karcis, jika datang sendiri biasanya dipersilahkan untuk menunggu terlebih dahulu untuk menunggu tamu lain untuk menjadikannya satu group karena tour guide yang terbatas dilokasi. Tapi, semakin sedikit orang dalam satu group akan semakin merasakan aura Museum Ullen Sentalu. Keadaan museum yang dibangun dengan baik, mampu membuat pengunjung seperti terserap ke masa Jawa kuno yang mengagumkan.

Setelah kita berkeliling di dalam museum, kita akan disajikan jamu tradisional ala keraton Yogyakarta terdahulu, dengan resep tradisional pastinya. Dan lagi-lagi, jamu ini sudah termasuk harga di dalam tiket, jadi buat yang mau pergi dengan duit pas-pasan bisa lebih tenang. Tetapi, jika ada duit lebih, di area Museum Ullen Sentalu ini juga menyediakan restoran, bernama Beukenhoof Restaurant.

Selama di dalam Museum, anda tidak boleh menggambil foto atau video. Jika ingin berfoto, pihak museum sudah menyiapkan tempat tersendiri dengan background replika relief di Candi Borobudur.

Screen Shot 2018-07-03 at 11.39.04 AM.png

Relief ini sebenarya dalam posisi miring, yang melambangkan masyarakat Jawa yang mulai melupakan budaya leluhurnya. Bagimana saya bisa untuk sampai kesana?

Screen Shot 2018-07-03 at 11.41.07 AM.png

Untuk ke Museum Ullen Sentalu dari jalan malioboro sangat mudah sekali untuk ditempuh, sekiranya 1 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Di jaman smartphone ini, anda bisa menggunakan aplikasi google maps atau waze untuk membantu anda untuk sampai ke lokasi. Atau bisa bertanya kepada warga setempat yang sangat ramah sekali.

Berapa harga tiket di Museum Ullen Sentalu?

untuk wisatawan domestik Rp. 25.000,- untuk umum, dan Rp. 15.000,- untuk pelajar. Sedangkan harga tiket untuk wisatawan mancanegara umum Rp. 45.000,- dan Rp. 25.000,- untuk mahasiswa/pelajar.

Sekian artikel mengenai Museum Ullen Sentalu, mari kita perdalam lagi ilmu kita mengenai budaya lokal serta turut menjaganya. Terima kasih.

 

Sumber Foto Sampul : https://ksmtour.com/en/informasi/tempat-wisata/yogyakarta/museum-ullen-mengenal-budaya-jawa-yogyakarta.html

Written by kadekpermadi

Vi Veri Veniversum Vivus Vici

Leave a Reply