Di Bangkok, pergilah ke agen perjalanan yang memiliki tanda “tiket kereta” atau ke stasiun kereta. Stasiun utama Bangkok yang memiliki kereta menuju ke arah selatan adalah stasiun Hualamphong.

Belilah tiket ke Butterworth, Malaysia. Begitu Anda menyeberang ke Malaysia, Anda harus keluar dari kereta untuk pemeriksaan imigrasi dan bea cukai. Kereta dari Bangkok berangkat jam 14:45 dan akan memakan waktu sekitar 23 jam. Biayanya sekitar 1.100 Baht untuk tiket kelas dua dengan  kursi lebar yang menghadap kursi lain.

Kereta berangkat dari Butterworth pada pukul 9.30 malam dan tiba di KL sekitar jam 6:30 pagi hari berikutnya. Kantor tiket di KL mudah ditemukan karena semuanya dalam bahasa Melayu dan Inggris.

Sesampainya di KL, Anda memiliki 3 opsi. Kereta 8:30, 2:30, dan 10:30 malam, jika kereta tidak terlambat. Jika Anda memiliki waktu transit yang lama, setidaknya 4 jam, Anda dapat naik kereta Light Rail dari dalam stasiun KL Sentral ke stasiun KLCC yang merupakan menara Petronas.

Perjalanan KL ke Singapura memakan waktu sekitar 7-8 jam dengan kereta biasa dengan dua kursi. Akan ada film (TV lama dan VCR di kedua ujung kereta). Anda akan melewati bea cukai di sekitar Johor Bahru.

 

 

Written by kadekpermadi

Vi Veri Veniversum Vivus Vici

One comment

Leave a Reply