Jepang memang dikenal sebagai pusat kuliner lezat di dunia. Hal itu dibuktikan dengan maraknya kuliner Jepang di berbagai negara, termasuk Indonesia. Secara histori, Jepang dan Indonesia memang merupakan dua negara yang memiliki hubungan dekat satu sama lain. Seperti yang kita tahu, Jepang pernah menguasai Indonesia selama beberapa tahun. Mungkin inilah yang menyebabkan akulturasi antara budaya Jepang dan Indonesia. Tak terkecuali di bidang kuliner.

Tidak banyak orang sadari jika kuliner khas Indonesia ternyata memiliki kembaran di negeri Sakura. Dari segi bentuk ataupun penampilan keduanya terlihat memiliki kesamaan. Berikut beberapa makanan khas Indonesia yang ‘kembar’ dengan kuliner Jepang.

1. Pangsit – Gyoza

Screen Shot 2018-06-20 at 10.52.52 PM.png

Jika di Indonesia, pangsit biasanya disajikan bersama baso atau mi ayam, dan berisikan ayam cincang atau sayuran. Sedangkan gyoza terbuat dari udang cincang lalu dibungkus dengan kulit lumpia. Baik pangsit maupun gyoza, keduanya bisa disajikan dengan cara direbus atau digoreng.

2. Sate – Yakitori

Screen Shot 2018-06-20 at 10.53.40 PM.png

Jika dilihat dari kejauhan, sate dan yakitori sepintas terlihat tak ada bedanya. Tetapi soal rasa, keduanya memiliki cita rasa yang berbeda. Sate biasanya diolesi kecap manis lalu dibakar, sedangkan yakitori menggunakan kecap asin sebagai bumbu dan sausnya.

3. Lemper – Sushi

Screen Shot 2018-06-20 at 10.54.50 PM.png

Baik sushi maupun lemper, keduanya sama-sama menggunakan nasi yang dibungkus dengan isian di dalamnya. Bedanya, jika sushi menggunakan nori atau rumput laut untuk membungkusnya, sedangkan lemper menggunakan daun pisang. Dilihat dari isiannya pun lemper lebih terkesan sederhana dengan daging ayam, sedangkan sushi menggunakan berbagai olahan seafood di dalamnya.

4. Mi ayam – Ramen

Screen Shot 2018-06-20 at 10.56.24 PM.png

Dari luar, penampakan mi ayam dan ramen memang terlihat kembar. Meski sama-sama berkuah, tetapi jika soal rasa keduanya jelas berbeda. Sesuai namanya, mi ayam hanya menggunakan daging ayam sebagai pelengkapnya, sedangkan ramen lebih beragam toppingnya.

5. Nasi Goreng – Yakimeshi

Screen Shot 2018-06-20 at 10.58.09 PM.png

 

Sama-sama menggunakan nasi sebagai bahan dasar. Keduanya terlihat sama-sama lezat, hanya saja penampilan nasi goreng terlihat lebih gelap karena menggunakan kecap manis.

 

SUMBER : https://www.yukepo.com/hiburan/tips/8-makanan-indonesia-yang-sepintas-terlihat-kembar-dengan-kuliner-jepang/

Written by kadekpermadi

Vi Veri Veniversum Vivus Vici

3 comments

Leave a Reply