Artikel ini buat lo yang ingin menaiki pesawat terbang tetapi tidak tahu bagaimana caranya setelah lo sampe di bandara. Bandara adalah tempat yang sangat luas, hal ini akan membingungkan bagi orang yang pertama kali akan menaiki pesawat. Ikuti langkah-langkah berikut agar lo tidak bingung lagi.

1. Datang ke Bandara 1-2 Jam Sebelum Keberangkatan

Lo harus datang 1-2 jam sebelum jam penerbangan, apalagi jika di daerah lo daerah rawan macet, kaya Jakarta. Lo harus berangkat lebih awal lagi, hal ini dimaksudnya untuk menghindari antrian yang panjang saat check in, walaupun ada beberapa orang yang sudah melakukan check online maupun self check in di mesin check in maskapai.

2. Cari Terminal Maskapai Penerbangan Lo

Setelah sampai di bandara, lo harus mencari lokasi dimana terminal maskapai lo berada. Biasanya tercetak di dalam tiket yang lo pesan. Jangan sampe salah masuk terminal!

3. Cetak Tiket Pas Penerbangan 

Masuk ke bandara di bagian tempat Maskapai lo berada, dan temukan loket check in mereka. Ketika sampai di resepsionis, cukup beri tahukan nama dan identitas diri lo plus kartu tanda pengenal, bisa ktp atau sim, dan mereka secara otomatis mencetak kartu pas dan menanyakan bawaan lo untuk dimasukan ke bagasi. Lo juga boleh membawa tas ke dalam kabin.

4. Pergi Ke Ruang Tunggu

Setelah lo mendapatkan tiket pas, lihat lokasi ruang tunggu lo di tiket pas yang sudah dikasih tadi oleh resepsionis. Sebelum sampai ke ruang tunggu, lo akan melewati bagian pemeriksaan. Siapkan pas penerbangan dan kartu identitas, misalnya SIM atau paspor  (jika lo keluar negeri maka pasporlah yang harus disiapkan). Seorang petugas TSA (Transportation Security Administration) akan mengecek pas penerbangan dan identitas diri lo, seteah itu lo akan melewati pemeriksaan keamanan. Semua barang kepunyaan harus diletakkan di keranjang dan melewati sinar X-ray.

5. Tunggulah Informasi Penebangan

Setelah sampai diruang tunggu, lo tinggal menunggu informasi untuk boarding penerbangan. Ada baiknya untuk datang lebih dahulu ke bandara agar lo memiliki waktu sebelum berangkat, jika sewaktu-waktu diperlukan. Pergi ke kamar mandi, cari sesuatu untuk dimakan, atau gunakan beberapa menit untuk memakai fasilitas wifi bandara. Naik pesawat terbang biasanya dilakukan setengah jam sebelum berangkat, jadi lo memiliki banyak waktu untuk dihabiskan.

Written by kadekpermadi

Vi Veri Veniversum Vivus Vici

Leave a Reply