Bagi Kalian yang penasaran akan keadaan Indonesia pada jaman dahulu, video ini cocok banget nih untuk menjawab kepo-an lo. Film Dokumenter ini dibuat oleh Churchill – Wexler Film Production pada tahun 1955 dengan berkerja sama dengan kedutaan besar Indonesia di Washington D.C, Amerika Serikat dan beberapa orang yang berada di Indonesia, seperti, Anak Agung, Jusuf Ganda, Toeh Hasan, I Irsan, Sjamsu Sugito, R Suwito, Wahab Siregar, dan Dr. D Tahitoe.

Film ini berkisahkan tentang seorang pria yang sedang menulis surat untuk teman-temanya di Amerika Serikat, dan dinarasikan oleh Hadhy Abdulkadir dengan bahasa Inggris. Selama film, kita akan disajikan kedaan Indonesia pada tahun 1955, mulai dari kedaan kota serta keadaan di desa. Kita dapat melihat bagaimana padatnya lalu lintas oleh sepeda pada era itu. Dijelaskan juga bahwa pada tahun 1955, kota Jakarta sudah dihuni oleh 3 juta penduduk. Anda akan melihat museum nasional serta Istana Negara pada tahun 1955.

Di dalam film yang berdurasi 15 menit 14 detik ini, Anda juga dapar melihat pekerja konstruksi pada jaman dulu. Pembangunan sangat pesat, padahal kita baru 10 tahun merdeka dari para penjajah. Kita juga disaksikan kondisi perumahan pada tahun 1955. Pada film tersebut juga di isi oleh keluarga Indonesia pada tahun 1955 yang sedang pergi ke pasar. Nilai plus lagi nih lo bisa liat pasar tradisional Indonesia pada tahun 1950an.

Di pasar tradisional Indonesia pada jaman dulu, Anda dapat melihat pedangan buah yang segar, pedangang ketupat, serta pedagang sate ayam di tahun 1955. Ada juga pedagang soda pop yang laris dibeli oleh anak-anak. Ada juga scene dimana Radio Republik Indonesia atau RRI sedang siaran langsung. Juga ada dimana keadaan di sekitar persawahan serta para nelayan pada tahun 1955. Juga ada keadaan di daerah suku Batak serta Bali pada jaman dulu di tahun 1955.

 

Written by kadekpermadi

Vi Veri Veniversum Vivus Vici

Leave a Reply