Kebanyakan wisatawan internasional menukar mata uang sebelum melakukan perjalanan, hal ini dilakukan agar mereka memiliki setidaknya sedikit uang untuk taksi di bandara atau biaya langsung lainnya. Setelah mencapai destinasi yang dituju, mereka kemungkinan besar akan menemukan kios penukaran mata uang di bandara, terminal ferry, hotel dan area lainnya dimana turis berkumpul. Namun, kios ini biasanya lebih mahal dibandingkan lo menukarkan di bank, bahkan total biaya terkadang lebih dari 7 persen. Namun, ada cara lain untuk berhemat, jika lo mau merencanakan di awal.

1. Merencanakan Semua Di Awal

Sebelum lo pergi atau setidaknya sebelum menukar mata uang, sebaiknya rencanakan dulu apa yang akan lo ingin lakukan dan berapa banyak uang yang lo perlukan di tempat tujuan. Dengan begini, lo tidak akan beresiko menukar berlebihan dan menghabiskan uang dalam menukar uang kembali setelah lo balik dari tempat tujuan.

2. Lakukan Penelitian

Ada baiknya lo mencari tahu sebelumnya berapa harga kurs mata uang yang mau lo ditukar, dengan begitu lo sudah memiliki bayangan berapa yang harus lo tukarkan.

3. Kunjungi Beberapa Tempat

Jangan takut untuk mencari tahu apa yang bisa lo dapatkan di lokasi berbeda. Dengan bank kemungkinan tidak banyak masalah, walaupun beberapa bank mungkin memiliki biaya lebih sedikit dibandingkan lainnya, namun kios penukaran uang pastinya akan memiliki kurs yang bervariasi. Ini akan memberikan lo keuntungan bisa menawar dengan kios tersebut, karena tempat penukaran uang dengan kios skala kecil akan lebih mau berusaha mendapatkan deal dari lo.

4. Hindari Bandara dan Hotel

Sebisa mungkin jangan menukar mata uang di bandara atau hotel. lo akan dikenakan biaya besar dan kurs yang sangat buruk. Waspadalah jika mereka mengiklankan “tanpa biaya” atau “bebas biaya”, karena tempat itu akan memberikan lo kurs yang seburuk mungkin.

Written by kadekpermadi

Vi Veri Veniversum Vivus Vici

Leave a Reply