Lo hobi traveling dan juga photography? Lo Ingin mendapatkan duit tambahan dari hasil hobi lo tadi? Selain jadi selebgram lo juga bisa dapetin duit tambahan dari hasil jualan foto-foto lo di internet, ya daripada disimpen di drive doang, mending dijadiin duit. Begini caranya!

Pertama, untuk menjual foto secara online, lo harus mendaftarkan diri lo dulu ke agency foto atau yang biasa disebut stockphoto agency. Ada dua macam stockphoto, Microstock dan Macrostock. Perbedaannya adalah:

 Microstock : Biasanya dibeli untuk keperluan pemasaran suatu produk, entah untuk poster, kartu ucapan, kalender, dan lain-lain. Dengan harga jual yang murah

 Macrostock : Sedangkan Macrostock sendiri biasanya di beli untuk keperluan editorial, seperti untuk berita di koran, majalah, dan lain-lain. Denga harga jual yang sangat mahal.

Untuk artikel kali ini gue akan menjelaskan cara menjual foto di microstock. Dari sekian banyak sekali agency microstock, gua sangat mensarankan Shutterstock sebagai tempat untuk menjual hasil karya lo. Karena di agency inilah penjualan foto sangat tinggi, bahkan pembelinya banyak yang berasal dari Indonesia.

Screen Shot 2018-06-15 at 5.07.47 AM

 

Shutterstock adalah sebuah perusahaan yang bermakas di New York, Amerika Serikat. Perusahaan ini menampung stock foto, video, vector graphics, illustrations dan musik dari para contributor untuk dijual di website mereka.
Nah, sebelumnya lo harus daftar dulu di situs Shutterstock, lo tinggal klik tautan disamping ini: DAFTAR SHUTTERSTOCK
 
Berikut langkah-langkah dalam mendaftar Shutterstock:
Screen Shot 2018-06-15 at 5.11.28 AM

Step 1:

Di halaman pertama lo harus memasukan nama lengkap (harus sesuai dengan di passport atau KTP), dan nama lo yang ingin dilihat oleh para calon pembeli (untuk keperluan credit), serta alamat email.

Screen Shot 2018-06-15 at 5.13.20 AM

Kemudian klik “Next”, shutterstock akan mengirimkan email untuk memverifikasi alamat email.
Screen Shot 2018-06-15 at 5.14.43 AM.png

Kemudian klik “Plase click here to verify your email”.

 Step 2:

Masukkan alamat rumah dan alamat surat tempat tinggal lo jika berbeda. Kalo alamat tinggal lo sama dengan alamat pengiriman surat harap di klik di kotak “My residential and mailing adresses are the same”

 

Screen Shot 2018-06-15 at 5.16.52 AM

Step 3:

Pada langkah terakhir lo perlu memberikan bukti bahwa lo tinggal di negara Indonesia, dengan mengupload passport

 

Screen Shot 2018-06-15 at 5.18.28 AM

Mereka akan memverifikasi identitas lo dulu sehingga mereka dapat melindungi kekayaan intelektual dan mempercepat proses pembayaran. Biasanya membutuhkan proses 1-3 hari kerja untuk memverifikasinya.

Sambil lo menunggu proses verifikasi, lo wajib upload konten pertama lo dulu. Lo harus mengirimkan 10 foto terbaik lo dalam format jpeg. Konten yang lo kirimkan akan ditinjau oleh tim editor ahli mereka. Saat konten pertama lo disetujui, akun lo akan menjadi aktif sepenuhnya dan lo dapat mengirimkan semua jenis file tanpa batasan. Harap diingat bahwa lo hanya boleh mengupoad karya yang dimiliki atau dikendalikan sepenuhnya oleh lo sendiri. Konten lo tidak akan muncul di pasar Shutterstock sampai dokumen identifikasi lo telah disetujui. Jika foto lo ditolak, lo bisa mencobanya untuk mengupload foto lainnya.

Tips! upload foto yang benar-benar bersih dari noise dalam keadaan di zoom 100%. Kalo ada noise kemungkinan foto lo diterima sangat kecil. Ingat, setelah lo upload foto, foto lo tidak bisa langsung dijual karena ada proses review oleh tim Shutterstock apakah layak untuk dijual, atau apakah ada kesalahan format dalam mengisi data saat mengupload foto.

Perlu diingat juga, jika di foto lo ada muka seseorang, maka lo membutuhkan model release, jika ada logo atau apapun yang sudah menjadi ciri khas suatu produk, maka lo membutuhkan property release. Kalo lo tidak bisa mendapatkannya, maka lo harus upload dalam format editorial.

Dalam editorial lo harus memberi keterangan yang lengkap tentang foto tersebut, jangan lupa di depan judul lo harus memberi keterangan tempat dan tanggal foto tersebut diambil. Contoh “Jakarta, 12 Juni 2017. Firefighting is putting out the fire.” Judul wajib berbahasa Inggris, jika ada tulisan dalam bahasa Indonesia di foto lo dan tulisan itu menjadi objek utama foto lo, maka kamu harus mentranslate-kannya ke dalam bahasa Indonesia.

Untuk penghasilannya sendiri akan terbagi menjadi beberapa kategori penjualan:

200.gif

Subscriptions : Penjualan jenis ini adalah yang paling sering, lo akan mendapatkan 0,25 USD per foto yang berhasil lo jual, dan akan meningkat menjadi 0,33 / 0,36 / dan 0,38. Sesuai dengan tingkat penghasilan penjualan.

On Demand: Penjualan ini memungkinkan pelanggan untuk membeli unduhan berdasarkan Lisensi Standar yang dapat digunakan kapan saja hingga satu tahun. Untuk semua ukuran file JPG dan Vektor sesuai permintaan lo akan mendapatkan mulai dari $ 1,88 per download, sementara pilihan “Small & Medium JPG Sizes Only” mulai dari 81 sen per download. Kedua pilihan ini akan meningkat sesuai dengan jumlah total penghasilan lo.

Enhanced: Penjualan ini memungkinkan pembeli mendapatkan hak tambahan atas gambar yang diunduh untuk keperluan perdagangan dan penggunaan komersial dengan pemirsa tinggi. Penghasilan lo mulai dari 20% dari harga jual dan meningkat menjadi 25%, 28%, dan 30% sesuai dengan jumlah total penghasilan.

Single & Other: Penjualan ini untuk uji produk dan produk baru yang melibatkan penjualan per gambar, gambar akan dibayarkan mulai dari 20% dari harga jual dan meningkat menjadi 25%, 28%, dan 30% sesuai dengan jumlah total penghasilan.

 

Nah ini bukti hasil dari penjualan foto foto gue di shutterstock dalam beberapa bulan terakhir:

Screen Shot 2018-06-20 at 11.33.08 PM.png

Dan portfolio foto gue cuma 1500an, pernah baca di group shutterstock, ada contributor punya 20000 foto dalam portfolionya dan dia bisa dapet 3000USD / 40 jutaan rupiah perbulannya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermafaat dan semoga sukses.

Written by kadekpermadi

Vi Veri Veniversum Vivus Vici

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s